src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>

Minggu, 18 Maret 2012

tips menjaga kondisi badan di cuaca ekstrim



Cuaca ekstrim akhir-akhir ini tak hanya berdampak pada aktivitas sehari-hari, namun juga pada kesehatan kita. Untuk itu, pastikan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga selama musim pancaroba ini.

Perubahan cuaca yang terjadi saat ini, kadang - kadang cuaca panas menyengat dan tiba-tiba dalam sekejap berubah menjadi hujan yang begitu lebat, membuat kita harus lebih menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Berikut ini 5 cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami:

1. Diet
Makanlah makanan yang kaya antioksidan dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh kita seperti buah-buahan dan sayuran. Lalu, Jangan lupa makan lemak sehat seperti asam lemak Omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan, minyak canola, minyak zaitun, biji rami ataupun sayuran untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, karena protein dapat membantu meningkatkan produksi senyawa yang terlibat dalam mengatur kekebalan tubuh. Dan jangan lupa untuk selalu minum air yang cukup agar dapat membantu menangkis infeksi dan memperkuat daya tahan kita.

2.Olahraga
Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa orang-orang yang berolahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan cepat) secara rutin menurunkan risiko serangan penyakit flu sebesar 50%.

3. Hindari stres
Stres kronis dapat berdampak negatif pada kekebalan tubuh. Stres berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda dan meningkatkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

4. Kebersihan Diri dan Tidur Cukup
Menjaga tangan tetap bersih adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal penyakit. Maka dari itu, Pastikan untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyiapkan makanan atau makan dan setelah batuk, bersin, menggunakan kamar mandi dan fasilitas umum.
Kebiasaan sehat lain yang penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit adalah tidur yang cukup selama 8 jam setiap hari untuk membantu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh kita.

5. Herbal dan Suplemen
Tanaman herbal seperti astragalus, echinacea, dan elderberry serta bawang putih dan jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Selain itu, mengkonsumsi suplemen yang akan membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, seperti suplemen multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara fungsi tubuh kita tetap optimal serta memelihara daya tahan tubuh Anda.

Jadi, tetaplah sehat dan fit dalam menghadapi cuaca ekstrim ini dengan daya tahan tubuh yang kuat melalui tips-tips di atas! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar